Gunakan Sepeda Motor Sesuai Kegunaannya

Hasrat nulis celotehan ini keluar gara-gara kaget dengan peningkatan pengunjung blog😀 jadi semangat deh hihihihi. Pada dasarnya sepeda motor dibuat untuk memudahkan kita agar waktu tempuh tempat yang kita tuju terminimalisir sehingga jarak terasa lebih dekat. Itu pula alasan mengapa banyak varian motor yang dikeluarkan oleh produsen sepeda motor sesuai kebutuhannya yang disesuaikan dengan jarak, waktu, dan tempat.

Seperti sepeda motor skuter matik dan bebek yang sangat cocok dijalanan perkotaan, motor trail yang cocok di jalan offroad, motor touring macam harley yang cocok untuk perjalanan jarak jauh, dan motor kelas superbike hingga hyperbike yang lebih cocok di lintasan sirkuit. Memang tidak menutup kemungkinan sepeda motor tersebut dapat dibolak-balik kegunaan jalannya karena sesuai selera masing-masing (ujung-ujungnya selera) tapi akan sangat tidak usefull apabila tidak digunakan dengan semestinya habitat motor tersebut.

“Not what you ride but how you ride” merupakan kalimat yang saya temui di salah satu group facebook. Memang kalimat tersebut ada benarnya, lebih baik memakai motor bebek dengan kemampuan baik dibanding dengan memakai harley tanpa keterampilan mumpuni. Saya pikir semboyan itu hanya berlaku untuk mereka yang belum mencoba mengendarai sepeda motor dengan kelas diatas motornya (ya seperti saya ini :D).

Loh kenapa ? ya simpel saja di negara maju setiap kelas sepeda motor memiliki ketentuan izin untuk mengendarainya, misal orang dengan izin mengemudi untuk sepeda motor kelas 250cc belum diperbolehkan mengandarai motor yang 600cc. Jadi, ketika orang tersebut menggunakan motor 600cc ya sudah pasti kemampuannya pun mumpuni.

Coba kalau touring Jakarta-Bali, yang satu pakai harley yang satunya lagi pakai bebek, nyaman mana ? hehe😉

4 responses to “Gunakan Sepeda Motor Sesuai Kegunaannya

  1. jadi harusnya ada sim c, d, e dst
    sesuai cc motornya?

  2. jadi inget iklan yamaha mio yg dipake offroad di hutan
    pembodohan kah ??

  3. aaah suka yg ini (y)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s