Siapa yang Arogan ?

Arogan ! Kata yang biasa diucapkan para pengendara bermotor ketika mereka dilewati club sepeda motor yang sedang touring. Apanya yang arogan ? kan cuma numpang lewat doang🙂. Mungkin bagi sebagian pengendara yang awam dengan isyarat-isyarat berlalu lintas club sepeda motor pada umumnya, tangan kiri yang melambai-lambai yang bermaksud agar pengendara yang didahuluinya agar lebih sedikit ditepi jalan mereka anggap suatu “serangan” dijalan.

Faktanya, kebanyakan para pengendara yang awam tentang isyarat berlalu lintas mengemudikan kendaraannya ditengah jalan dengan kecepatan rendah padahal dijalan besar itu diharuskan minimal batas kecepatan 60km/jam agar tidak menghalangi pengendara lain dibelakangnya yang dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Tetapi ketika mereka dengan sopan diminta agar agak sedikit ditepi jalan oleh rombongan touring yang akan mendahuluinya karena demi keselamatan bersama, kebanyakan dari pengendara awam itu bersikukuh mengendarai kendaraannya ditengah jalan dengan kecepatan rendah.

Sungguh ironis kelakuan seperti itu, egois yang menyebabkan malapetaka. Jadi, siapa yang arogan ?

7 responses to “Siapa yang Arogan ?

  1. tapi memang kadang ada rombongan touring yang cenderung arogan, contohnya saat saya dalam perjalanan dr bandung-sukabumi di jalan cianjur bertemu rombongan touring TAB, walaupun dalam konvoy highspeed tapi saya harus antri dibelakang mereka terus, saat mau mendahului dari kanan diseret kekanan yg sangat berbahaya karena jalan 2 arah, ketika mau masuk dari kiri dipepet & nendang pake kaki kekiri sampe keluar ke jalan tanah, aneh seperti jalan punya mereka sendiri, apa mereka malu ya klo TIGER bisa disalip bebek mx dengan mudahnya😆

    • Saya akui rombongan touring memang ada yang cenderung “arogan”, saya juga kadang suka arogan🙂 hehe maafkan saya. Berbeda club/komunitas memiliki peraturan yang berbeda pula, secara umum kaki yang turun ke bawah misal kaki kiri berarti menandakan hati-hati ada sesuatu yang membahayakan di sebelah kiri. IMHO rombongan touring tersebut bukan berniat untuk menendang bro elsa🙂 tapi lebih memberi isyarat agar jangan mendahului dari sebelah kiri karena bahaya dan dapat mengakibatkan kecelakaan, mereka mungkin tidak mau ketika saat touring barisan mereka “diacak-acak” motor lain. Saya sarankan sebelum mendahului bunyikan klakson dan acungkan jempol, pasti deh dikasih jalan😀

  2. yang penting tau aturan aja.. klo emg dilewatin rombongan touring.. ikutin aja dri belakang.. coz klo kita malah ikut nimbrung ditengah2, ga etis aja. malah jadi SKSD [sok kenal sok dekat]😀

  3. hmm.. mungkin kalo untuk isyarat dengan orang lain (pengendara lain yg bukan anggota klub) bisa dengan isyarat yg lebih dimengerti secara universal.

    Pun jika kondisi anggota touring dalam jumlah banyak (lebih dari 7motor misalnya, apalagi kalo udah lebihd ari 10motor atau 20motor), menyalip atau mendahului bisa dilakukan sebagian2, jangan sekaligus supaya ga terjadi iring2an yang terlampau panjang yg menyulitkan pengendara lain jika ingin mendahului, terutama mobil karena jika mobil melakukan over-taking, mereka memakan seluruh ruas jalan sebelah kanan yang terlalu bahaya bila menyusul iring2an touring yg terlalu panjang

    Yah, dibikin enak buat sesama pengguna jalan aja lah🙂

  4. sya juga pernah mendapat perlakuan tidak enak dgn pengndara TIger padahal cuma 2 rider, tp 22nya nyalip sy dengan nyenggol hangrip sebelah kanan.,.,.,padahal sys udah miggir dijalur kiri cz sy liat dibelakng kayak ad rombongan touring .,(2 jalur satu arah), ckckckkc elus dada

  5. @bro iway
    wah, kalo saya sampe disenggol kaya gitu mending sekalian bunuh-bunuhan, mo pake motor apapun ridernya juga sama makan nasi & darahnya sama2 merah, bacok & urusan blakangan..hehe

  6. hmm,, saya juga member komunitas bro,,,
    en jujur saya jaraaaang banget ikut turing bareng kecuali dipaksa
    banyak alesan saya ga mau ikut,,, salah satunya,,
    nyuruh minggir orang laen,, seolah jalan milik sendiri
    ane bayangin kalo ane yang disuruh minggir,, pasti kesel,,
    “kita sama2 bayar pajak,, jadi punya HAK YANG SAMA dalam menggunakan jalan”
    ane lebih suka solo turing, ato turing sama temen2 ane yang punya pemikiran sama dengan ane, en kalo turing bareng meskipun higspeed,, sebisa mungkin ga konvoi en nyuruh minggir orang laen,,
    saling pengertianlah,,
    karena apa? sekali lagi saya ucapken,, ane juga ga suka kalo jalan ane diserobot, en disuruh minggir orang laen,,, jadi kalo ga suka,, kenapa nyuruh orang laen nglakuin hal yang ga kita sukai,,, sederhana too

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s