Rim Headlight Scorpio

Masih ingat dengan kejadian ketika saya ngeglosor di sirkuit ? Iya setelah kejadian itu, sedikit demi sedikit saya perbaiki kerusakan pio saya. Nah ketika saya hendak mengganti rim headlight si pio, saya menanyakan harganya kepada salah satu mekanik di bengkel resmi Yamaha, saya terkejut ketika sang mekanik menyebutkan nominal Rp 144.000 untuk sebuah rim headlight berkode produk 5BP-H4115-10.

Walahhh muahal amat, tak langsung saya tebus karena tak ada biaya. Ketika sampai di rumah saya langsung online website Yamaha dan mencari part tersebut di dalam part catalogue. Memang benar ternyata harganya segitu, tetapi karena penasaran saya cari lagi part tersebut di produk yang sama tapi berbeda tahun pembuatan. Kaget !! ketika ternyata harga tersebut berbeda-beda disetiap tahun/seri produk motor Scorpio.

Kode produk partnya pun berbeda-beda, seperti 5BP-H4115-10 dengan harga Rp 144.000 (tertera pada Scorpio buatan tahun 2006), 5BP-H4115-00 dengan harga Rp 40.ooo (tertera pada Scorpio buatan tahun 2002-2004), dan yang terakhir 5BP-H4115-21 dengan harga Rp 40.000 (tertera pada Scorpio buatan tahun 2007-2009)

Aneh kan ? Jangan khawatir, ketika saya mengadukan masalah ini kepada pihak Yamaha melalui contact center-nya, mereka pun cepat tanggap dengan jawaban yang cukup memuaskan. Bahwa :

  1. 5BP-H4115-10        RIM, HEADLIGHT (Untuk produk RX King spesial edition lampu kotak yang berwarna gold)        Rp 144,000
  2. 5BP-H4115-00       RIM, HEADLIGHT (Untuk produk Scorpio atau RXKing lampu kotak yang berwarna chrome)        Rp 40,000
  3. 5BP-H4115-21        RIM, HEADLIGHT (Untuk produk Scorpio lampu bulat berwarna chrome)                           Rp 40,000

Dan setelah itu saya langsung order rim headlight buat si pio sesuai dengan kode produk partnya. Saran dari saya ketika kita ingin membeli spare part, kita harus tahu kode part-nya agar tidak tertukar dengan spare part lainnnya. Khusus Scorpio, jangan hanya mengucapkan sparepartnya saja kepada mekanik tetapi juga dengan kode partnya tentunya dengan mencari tahu dulu sebelumnya. Semoga berguna🙂

Tinggalkan Balasan

