Accu motor pilih mana ?

Setelah kurang lebih seminggu menggunkan kick starter untuk menyalakan si pio, akhirnya tadi saya mendapat rezeki dari orang tua untuk mengganti accu yang sudah soak. Atas saran ayah, saya lalu meluncur ke jalan ciateul tepatnya ke toko accu spartac. Disana terdapat berbagai macam dan jenis accu baik untuk sepeda motor atau mobil.

Pertama saya disodori accu bermerk Yuasa jenis accu basah oleh sang mekanik, tetapi karena saya sedang mencari accu jenis kering maka saya menolaknya dan menanyakan accu keringnya, mekanik bilang tidak ada.

Lalu saya disodori accu jenis kering bermerk Toyo buatan Cina dengan harga yang lebih terjangkau Rp 175.000  tapi saya menolaknya juga karena saya lebih memilih accu yang memiliki kualitas bagus dengan harga yang tidak murah tapi bukan bererti accu merk ini jelek loh hanya saya tidak sreg saja. Lalu saya tanya apakah ada accu bermerk GS keluaran Astra otoparts berjenis accu kering untuk pio saya, tetapi sang mekanik menjelaskan bahwa GS sampai saat ini belum mengeluarkan produk accu jenis kering untuk sepeda motor sport seperti pio saya ini. :(

Setelah itu saya disodori kembali accu “yang ini accu jenis kering bermerk motobatt keluaran Malaysia lisensi Amerika”, tutur sang mekanik. Harga produk accu kering ini Rp 275.000, selisih Rp 100.000 dengan merk toyo tadi. Pikir saya kalau harga ga pernah bohong, setelah tawar menawar akhirnya disetujui harga Rp 220.000 dan menjadi Rp 210.000 dengan memberikan accu bekas dari pio saya :). Oya accu soak di pio saya itu bermerk GS (Goldstar) jenis accu kering imitasinya GS Astra Otoparts.

Ketika accu sedang dipasang pada pio saya, iseng saya tanyakan apa pengaruh perbedaan ampere accu pada satu jenis motor. Misal pengaruh 7 ampere dengan 9 ampere pada accu untuk motor scorpio, mekanik menjawab bahwa perbedaan itu hanya pada tulisan di cover accu saja tidak ada perbedaan dan pengaruh pada kelistrikan motor apakah akan menjadi lebih terang di lampu atau tidaknya. “Jadi itu hanya trik produsen accu saja padahal dalamnya sama saja” tutur sang mekanik.

Sedangkan kualitas accu lebih kepada tingkat CCA-nya (Cold Cranking Ampere) yang berarti kemampuan baterai untuk menghasilkan aliran kuat dalam suhu dingin (-17,8 ° C). Ini adalah kemampuan minimum untuk menghidupkan mesin, lebih besar tingkat CCA-nya bererti lebih baik. Tetapi mengganti accu dengan ampere yg lebih besar biasa dilakukan agar daya tahan baterai lebih panjang. Umumnya hal ini dilakukan bagi orang-orang yang menambah aksesories di motornya seperti lampu, klakson dll.

Semoga berguna dan semoga accu saya awet tahan lama :)

About these ads

22 responses to “Accu motor pilih mana ?

  1. nice info..
    untuk gel mah bukan aki kering kang tp aki setengah kering, klo dibelah isinya spt ager2

  2. wah, penjelasan mekaniknya ngawur.. kapasitas (ampere) emang tidak bikin lampu jadi terang dst, tapi lamanya menampung arus listrik. misal dipake lampu berkekuatan 36watt (12v 3a) maka aki 12v 6a akan habis dalam 2 jam, sedang aki 12v 9a akan habis dalam 3 jam..

    • haha ia mekaniknya juga bilang begitu, ampere lebih besar hanya untuk menyokong kebutuhan arus listrik, tapi tetap tidak akan membuat lampu lebih terang :) makasih infonya om

  3. whuah mahal ya accunya pio…kemarin ane ganti accu beat aspira kering 130.000…..kata penjualnya parts asli buat beat…..

  4. keren nih infonya… d-.-b

  5. penjelasan mekanik seperti itu hanyalah kata2 yang mau lepas tangan aja. sebaiknya gunakan seperti yang dianjurkan buku petunjuk bro.
    omong2 accu kering mirip GS soak itu setelah berapa tahun?

  6. ada uang ada barang

  7. walah,, ya ga mungkin lah produsen asal nulis di kemasan accu,,
    ngawur mekaniknya

  8. mahal..tenan di jawa…., di banjarmasin aku beli di agen ..GTZ7S…cuman 185 rb…, klo YTZ5S…cuma 135 rb…ini ori..lo, trims

  9. mekanik dudul..maunya jualan yang dia punya aja..
    GS khan udah banyak seri accu keringnya,
    GS 3 ampere = sama seperti part asli honda vario
    GS 4 ampere = sama seperti part asli suzuki FU (non elektrik)
    GS 6 ampere = sama seperti part asli suzuki FU double starter

    semuanya GS accu kering.

  10. meragukan, 275 jadi 210,. pake pisau ato pistol nih

  11. nice info bro…

  12. mas bro saya beli accu motobatt itu hanya 120rb tp yang 5 amper

  13. mekaniknya asal tuh… perbedaan amper justru cukup penting dan berpengaruh terhadap part lain.. kalau asal ganti dengan amper yang lebih besar tanpa pertimbangan kasian spool & kiproknya nya, karena pengisian akan lebih lama.. bisa2 spool atau kiproknya bisa cepat jebol..
    semua harus disesuaikan dengan spesifikasi & kebutuhan..
    CMIIW.. :D
    tapi nice share kok…

  14. Mekaniknya ga ngerti Kelistrikan itu,… alias Oon ..

  15. velg lebar +ban+cakram 1jt

  16. Ping-balik: Empat Tahun, Vixion Ganti Aki « Edo Rusyanto's Traffic

  17. bambang Gentholet

    jangan suka percaya mentah2 ama mekanik, sbg konsumen wajib curiga apa motivasi mekanik biar tambah kerjaan atau biar cpt selesai dsb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s